Sosiologi
Komunikasi
Teori
Pembelajaran Sosial pada
Kasus
Ospek ITN Malang
(Untuk Memenuhi Tugas Ujian Tengah
Semester Genap)
Diajukan Dosen Pembimbing:
Widya Pujarama, S.I.Kom,
M.Communication
Oleh:
Rosalia Puspitasari (115120207113025)
UNIVERSITAS
BRAWIJAYA
FAKULTAS
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
JURUSAN
ILMU KOMUNIKASI
2014
Teori
Pembelajaran Sosial
Teori Bandura yang
sangat terkenal adalah Teori Pembelajaran Sosial (Social Learning Theory) yang
menekankan pada komponen kognitif dari pikiran, pemahaman, dan evaluasi.
Menurut Bandura dalam (mayakabbaro, 2012), dalam situasi
sosial seseorang bisa belajar lebih cepat dengan mengamati atau melihat tingkah
laku orang lain. Teori ini menerima sebagian besar dari prinsip-prinsip
teori-teori belajar perilaku, tetapi memberikan lebih banyak penekanan pada
kesan dan isyarat-isyarat perubahan perilaku, dan pada proses-proses mental
internal. Dalam teori pembelajaran sosial menggunakan penjelasan-penjelasan
reinforcement eksternal dan penjelasan-penjelasan kognitif internal untuk
memahami bagaimana belajar dari orang lain.
Albert Bandura (1971) dalam (mutmainnah,
2012),
mengemukakan bahwa teori pembelajaran sosial membahas tentang:
1.
Bagaimana perilaku kita dipengaruhi oleh
lingkungan melalui penguat (reinforcement)
dan observational learning.
2.
Cara pandang dan cara pikir yang kita
miliki terhadap informasi.
3.
Begitu pula sebaliknya, bagaimana
perilaku kita mempengaruhi lingkungan kita dan menciptakan penguat (reinforcement) dan observational opportunity.
Fenomena
dalam masyarakat
Salah satu Institut di
Indonesia yaitu Institut Teknologi Nasional Malang menjadi sorotan media akibat
kasus program orientasi, yang menjatuhkan korban mahasiswa baru bernama Fikri.
Selain itu kegiatan ospek yang dilakukan tidak mendidik sama sekali. Hal ini di
paparkan dalam (Aziz, 2013). Kronologi munculnya
ospek mesum di ITN Malang. Foto adegan beberapa lelaki yang melakukan adegan
penggagahan terhadap beberapa wanita tersebut awalnya diupload oleh pemilik
akun FB Angga Rizky tertanggal 5 Desember 2013. Informasi awal tersebut masih
belum menghubungkan foto dengan ITN, Malang kecuali sama-sama ospek. Kemudian,
foto ini disebarkan oleh FP Facebook Sahabat YM dengan memastikan hubungan foto
dengan ITN (tertanggal 6 Desember 2013).
Analisis
fenomena
1.
Perilaku dipengaruhi oleh lingkungan
melalui reinforcement dan observational learning
Sesuatu
hal yang menjadi perhatian pada fenomena ini yaitu tindakan mesum yang tidak
seharusnya dilakukan oleh mahasiswa pada saat kegiatan ospek. Tindakan tersebut
berakar dari ide program yang di susun oleh para senior. Dapat kita lihat bahwa
tindakan mereka merefleksikan dari fenomena yang menjadi perhatian mereka. Apa
yang menjadi perhatian mereka merupakan sebagai reinforcement untuk munculnya perilaku yang tidak benar.
Representasi
dari tindakan tersebut merupakan hasil dari tingkat konsumsi media massa. observational learning/ pembelajaran
dengan observasi langsung melalui media massa, dimana media massa menampilkan
bentuk visual/ gambaran meskipun tanpa adanya model secara fisik, namun proses
ini akan sangan cepat meningkatkan proses pembelajaran tingkah laku seseorang.
2.
Cara pandang terhadap informasi
Dari
tingkat konsumsi media massa tentang perilaku mesum, informasi yang telah
didapatkan mengakibatkan keinginan atau efikasi diri, yang kemudian
diimplementasikan pada sebuah kegiatan ospek, sehingga banyak anggapan bahwa
tindakan tersebut tidak benar, yang mengakibatkan adanya korban meninggal
dunia. Dalam produksi perilaku di tempat yang bukan seharusnya para senior
ospek dinilai salah dalam membimbing mahasiswa baru.
3.
Perilaku kita mempengaruhi lingkungan
kita dan menciptakan penguat (reinforcement)
dan observational opportunity.
Adanya
motivasi dari kegiatan ospek tersebut adalah pada saat pembuatan proposal
kegiatan ospek yang ditandatangani oleh rektor, merupakan bentuk persetujuan
dan adanya dukunga dari universitas. Maka senior menganggap ada pihak yang
mendukung dari perilaku yang di tunjukan oleh mahasiswa baru. Selain itu
motivasi hasrat diri masing-masing senior, sehingga mereka dengan suka rela
melakukan tindakan yang sudah direncanakan. Hal ini menjadikan poin kesempatan
untuk munculnya perilaku tersebut.
Perilaku
yang terjadi pada senior itu mendapatkan konsekuensi yang di dapatkan dari
fenomena ini adalah informasi yang tersebar luas akan terdengar oleh media
massa. Kita ketahui bahwa kekuatan media massa dengan penyebaran informasi
sangatlah kuat. Sehingga membentuk opini publik sebagai penguat bahwa kegiatan
ospek tersebut menjadi “ospek maut” yang tidak berkemanusiaan dan mengakibatkan
jatuhnya korban dan harus diproses dalam hukum. Dari media massa ini selanjutnya
memberikan pengaruh untuk universitas
lain, agar lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan ospek. Sebenarnya akibat
tersebut merupakan bentuk pengaruh dari perilaku senior yang tidak baik.
Daftar
Pustaka
Akuntono, I. (2013, Desember 1). Sukses Pendidikan
Nasional, Semoga Bukan Sekadar Data. Dipetik Januari 18, 2014, dari
Kompas.com:
http://edukasi.kompas.com/read/2013/12/01/0949528/Sukses.Pendidikan.Nasional.Semoga.Bukan.Sekadar.Data
Aziz, F. (2013, Desember 10). Lensa Indonesia. Dipetik
Januari 18, 2014, dari Inilah kronologi Ospek mesum ITN Malang:
http://www.lensaindonesia.com/2013/12/10/inilah-kronologi-ospek-mesum-itn-malang.html
Bachtiar, M. I. (2012, September 30). EFIKASI DIRI (SELF
EFICACY). Dipetik April 18, 2014, dari WordPress: http://ilhamkons.wordpress.com/2012/09/30/efikasi-diri-self-eficacy/
mayakabbaro. (2012, Maret 9). Teori Pembelajaran Sosial
Bandura. Dipetik April 18, 2014, dari WordPress:
http://mayakabbaro.wordpress.com/2012/03/09/teori-pembelajaran-sosial-bandura/
mutmainnah. (2012, Januari 17). Teori Belajar Sosial.
Dipetik April 18, 2014, dari WordPress:
http://mutmainnahlatief.wordpress.com/2012/01/17/teori-belajar-sosial/
Piyuk, N. P. (2013, Mei 19). Teori Kepribadian Menurut
Albert Bandura. Dipetik April 18, 2014, dari Novia Piavia Piyuk Blog's:
http://noviapiaviapiyuk.blogspot.com/2013/05/teori-kepribadian-menurut-albert-bandura.html
wikipedia. (2013, Desember 16). Orientasi Studi dan
Pengenalan Kampus. Dipetik Januari 18, 2014, dari wikipedia:
http://id.wikipedia.org/wiki/Orientasi_Studi_dan_Pengenalan_Kampus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar