Executive Summary
Dalam hal
produk, Tango mengeluarkan produk yang tidak semuanya menggunakan merek Tango.
Hal ini dimungkinkan sebagai tes pasar untuk produk. Tango melakukan
terobosan-terobosan dengan melakukan penyelarasan dengan inovasi produk, baik
dalam varian maupun kemasan. Selain itu juga mencari informasi atau mengetahui
profil rasa yang diterima dimasing-masing negara untuk menyesuaikan cita
rasanya dengan konsumen sasaran.
Sebagai pemegang
merek yang sudah besar di Indonesia, bila ingin dapat diterima di pasar luar
negeri yang mempunyai regulasi yang berbeda dengan di Indonesia, Tango harus
selalu berusaha menjaga kualitas dan mutu produk.
Dalam hal harga,
biasanya Tango memberikan harga standar seperti di Indonesia kepada importir.
Setelah itu importir melakukan perhitungan pricing sesuai negaranya. Intinya, Tango tidak banyak mempunyai
kebutusan untuk menentukan harga di pasar luar negeri.
Dalam hal
distribusi, bila ingin menguasai pasar luar negeri, perusahaan harus punya
pabrik di masing-masing sentra market, karena sekuat apa pun jaringan
distribusi perusahaan makanan minuman, tanpa ada plant di daerah tidak akan berhasil. Tetapi Tango mengambil
jalan dengan mencari distributor di negara lain.
Untuk prioritas
tempat pemasaran produk di suatu negara juga berbeda. Misalnya, jika suatu
negara kekuatan terbesarnya untuk memasarkan produk adalah di modern market, maka bisa jadi negara lainnya
adalah tradisional market.Tango
juga biasanya menerima permintaan untuk ekspor ke suatu negara yang diterima
melalui website, atau telepon
kantor secara langsung.
Dalam hal
promosi, Tango belum terlalu fokus dalam melakukan edukasi pasar luar negeri.
Promosi yang dilakukan selama ini adalah dengan mengikuti pameran di luar
negeri Dan memperkenalkan produknya menggunakan cara sampling. Untuk mengedukasi pasar luar negeri mereka melakukan
strategi, diantaranya trade promo, konsumen
promo.
Tango membuat beberapa kegiatan,
antara lain : Kunjungan karyawan perusahaan (salesman/salesgirl) ke sekolah-sekolah untuk melakukan promosi
dengan cara membagikan sample Tango secara gratis .
Tango melakukan kerjasama dengan salah
satu operator telepon seluler dan mini market, contohnya dengan pembelian pulsa
electric indosat di indomaret min. nominal 50rb dan 100rb maka pembeli berhak
mendapatkan wafer Tango secara gratis.
Dan
dapat juga digunakan untuk macam-macam tujuan, misalnya untuk menimbulkan minat
pada calon pembeli , salah satu contohnya yaitu menawarkan varian rasa yang
berbeda dari sebelumnya.
Sebagai wujud
kepedulian dalam memperbaiki kondisi gizi anak Indonesia dan menciptakan masa
depan yang lebih baik, Wafer Tango bekerjasama dengan Yayasan Obor Berkat
Indonesia (OBI) kembali meluncurkan program Tango Peduli Gizi (TPG) Anak
Indonesia 2011.
Program Tango
Peduli Gizi 2010 terdiri dari dua aktivitas besar yaitu Pemberian Makanan
Tambahan (PMT) dengan gizi seimbang yang diberikan setiap hari selama 3 bulan
kepada 526 anak berumur diatas enam bulan hingga 12 tahun di Nias dan Ruteng,
serta Balai Pemulihan Gizi (BPG) Tango yang memberikan perawatan intensif
terhadap 72 anak dengan gizi buruk di Nias.
1. Profil Perusahaan
Nama perusahaan : Group Orang Tua
(GOT)
Alamat Head Office :Jl. Palmerah
Barat no.9, Gelora, Jakarta Pusat10270,Indonesia
Ph. (+6221) 5322121, 6191988
Fax. (+6221) 5482425, 6199184
2. Sejarah Orang Tua
Selama lebih
dari setengah abad, telah mengolah bahan-bahan dari sumber alam menjadi
produk-produk berkualitas pilihan konsumen. Berawal dari produk minuman
kesehatan dengan ramuan alamiah yang diolah secara tradisional, produk-produk
berkembang semakin modern, canggih, praktis, dan efisien sesuai dengan tuntutan
zaman. Warisan nenek moyang, yang telah terbukti khasiatnya sejak dahulu, terus
dikembangkan secara berkesinambungan tanpa meninggalkan rahasia keasliannya.
Melalui riset
dan inovasi, selalu menghadirkan Unique Winning Products untuk memenangkan
persaingan dan menciptakan produk-produk bermerek pilihan utama konsumen dengan
investasi merek yang terus menerus dilakukan. Sebut saja merek-merek FORMULA,
TANGO, OOPS, VITACHARM, KIRANTI, dan lain sebagainya yang sudah tidak asing
lagi. Mulai dari pasta gigi dan sikat gigi hingga makanan dan minuman
kesehatan, beragam produk telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat
Indonesia. Bahkan kini, banyak produk yang sudah dapat dinikmati oleh konsumen
di berbagai negara.
Perjalanan di
Indonesia berawal pada tahun 1948 ketika penerimaan masyarakat terhadap minuman
kesehatan tradisional semakin meluas. Untuk memenuhi kebutuhan ini sebuah pabrik
dibangun di Semarang, lalu di Jakarta dua tahun kemudian.Sejalan dengan
berkembangnya usaha dan kebutuhan masyarakat, pun membangun berbagai fasilitas
produksi serta unit usaha baru, dimulai dengan pasta gigi dan sikat gigi dengan
merek FORMULA.
Pada tahun 1985
membentuk holding company dengan nama ADA, singkatan dari Attention, Direction
and Action. Di bawah bendera ADA pengembangan usaha dan diversifikasi produk
pun terus berlanjut. Peningkatan kapasitas produksi yang terus menerus
berlangsung dan bertambahnya produk yang dihasilkan membutuhkan tim penjualan
yang solid. Untuk menangani dan menguasai jalur distribusi dalam penyebaran
produk-produk ini, Manajemen menunjuk P.T. Arta Boga Cemerlang sebagai
distributor tunggal di Indonesia. Penetrasi produk-produk ke pasar tradisional
maupun modern ditangani dan dikelola dengan baik oleh Arta Boga Cemerlang.
Pada tahun 1995
ADA kembali berganti nama menjadi ORANG TUA. Merek ORANG TUA yang sarat nilai
historis ternyata telah mengakar dalam masyarakat Indonesia, sehingga menjadi
salah satu keunggulan dalam memposisikan dirinya di tengah masyarakat. Di lain
sisi, kata ORANG TUA itu juga identik dengan minuman kesehatan tradisional yang
sudah tertanam di benak konsumen. Oleh karena itu revitalisasi nama dan logo
dirasa perlu dilakukan sejalan dengan strategi pengembangan bisnis yang
memasuki bisnis consumer goods.
Pada tahun 2004
logo ORANG TUA dimodifikasi untuk mencerminkan sebagai perusahaan produk-produk
bermerek pilihan utama konsumen yang dinamis, penuh semangat, berjiwa muda, dan
menjadi kebanggaan para karyawannya.
3.
Marketing Mix
·
Figure 4 varian rasa Wafer Tango
|
2 Wafer Tango
|
3 Wafer Tango kemasan kaleng
|
1 Wafer Tango kemasan kaleng
|
Produk
·
Place
·
Dikarenakan mulai banyak bermunculan produk pesaing, pasar wafer Tango pun semakin sempit,
otomatis, untuk mengatasi hal ini
pendistribusian wafer tango menjadi lebih terfokus pada pangsa pasarnya,
seperti kemasan yang paling kecil ada di toko-toko, kios, warung-warung kecil,
sedangkan kemasan yang besar kita tarik dan kami fokuskan pada toko-toko besar
seperti swalayan, supermarket, dan hypermart.
·
Price
Tango Wafer Makanan ringan rasa Chocolate 180gr 8.900,-
·
Promotion
·
Tango memberikan promo
Kapan lagi Beli 1 Tango Fusion 175.5 gr hanya
dengan harga 8.500
Ayo beli 2 Tango Fusion 175.5 gr dan dapatkan
gratisnya 1 Tango Fusion 32.5 gr di Giant
Mau dapet gratis 1 Tango CrunchCake 80gr ?
Buruan ke Lotte Mart
Beli 2 Crunchcake 80 gr di Indomaret, kamu bisa
dapetin gratis 1 Oops Hotsa
Tiap pembelian Wafer Tango 171 gr di Indomaret,
kamu bisa dapetin gratis 1 klop
·
Tango juga hadir saat event
Yuk ikutan Tango
CrunchCake Photo Contest yang diadakan dari tanggal 6 - 19 Desember 2012
Dalam rangka untuk
lebih mengakrabkan Wafer Tango dengan para pedagang yang telah banyak membantu
pendistribusian Wafer Tango kepada konsumen
Dalam rangka menyambut
Hari Pelanggan Nasional 2012 yang berlangsung pada tanggal 3 September 2012,
Wafer Tango menggunakan kesempatan tersebut
Selama libur Sekolah
kemarin, Tango Wafer telah sukses menyelenggarakan Tango Royale Palace di Bobo
Fair 2012 .
4.
5. wafer funtime
|
6 wafer selamat
|
7 wafer nissin
|
Beberapa kompetitor produk makanan ringan
terutama jenis wafer seperti Wafer Selamat, Wafer Nissin, Wafer Funtime,
merupakan produk yang menjadi pandangan konsumen untuk beralih dari Wafer
Tango, dan juga mempunyai kekuatan dari
sisi Brand dan cita rasa wafer yang menjadi tandingan Wafer Tango.
5. Target Pasar
Metode Segmentasi Yang Digunakan
Demografi
Segmentasi demografi pada wafer
tango kita tujukan untuk berbagai macam kalangan, tua,muda,anak-anak pun bisa
menikmati lezatnya wafer tango, lantas bagaimana wafer tango bisa dinikmati semua kalangan , padahal produk
yang di keluarkan adalah item yang sama yaitu wafer, dan tidak ada yang
membedakan wafer untuk tua, muda, anak-anakpun, maka dari itu untuk mengarahkan
produk supaya tepat pada pangsa pasar, kita mengeluarkan produk tango dengan
berbagai macam kemasan
Untuk
wafer tango yang di konsumsi anak-anak, wafer tango mengeluarkan kemasan kecil,
yang harga di pasar seribu rupiah, dengan mengeluarkan produk dengan
kemasan kecil, diharapkan haraga yang relatif murah bisa di jangkau anak-anak,
dan anak-anak pun dengan mudah bisa menikmati wafer tango, wafer tango kemasan
kecil ini berisi 4 buaf wafer , dengan 4 buah wafer di dalamnya, di harapkan
anak-anak bisa habis memakan 1 kemasan penuh wafer tango, tanpa menyisakan
wafer yang ada di dalamnya, dengan beginipun orang tua yang membelikan wafer
untuk anaknya tidak bosan untuk membeli wafer tango lagi untuk anaknya karena
selalu habis setiap di belikan wafer tango.
Berbeda
dengan anak-anak, porsi untuk remaja tentunya lebih banyak, maka dari itu wafer
tango mengeluarkan produk dengan kemasan yang lebih besar, berisi 12 buah
wafer, dengan harga 4000 rupiah, hal ini dinilai pas dengan kantong remaja ,
yang tentunya uang sakunya lebih banyak dari pada anak SD, dan berbeda dengan
Anak-anak yang biasa dimakan sendiri, remaja cenderung gemar berbagi makanan
kecil, disaat ngobrol santai, atau saat belajar bersama.
Berbeda
lagi dengan anak-anak atau remaja, kemasan wafer tango yang paling besar ini di
tujukan untuk orang dewasa baik yang sudah berumah tangga ataupun belum. Hal
ini di asumsikan , agar wafer tango tidak habis sekali dimakan, dan bisa di
sajikan untuk keluarga, tamu, teman, ataupun menjadi snack saat mengerjakan
tugas kantor.
·
Target Konsumen
Siapa yang tidak mengenal wafer
Tango, produk yang satu ini benar-benar telah menguasai pasar wafer di
Indonesia. Selain karena rasanya yang memang sudah terjamin, nikmatnya Wafer
Tango juga memberikan banyak sekali pilihan rasa, hal ini membuat para
penikmatnya bisa memilih sesuai selera rasa pilihan dan kesukaanya. Sehingga
para pecinta Wafer Tango merasa semakin dimanjakan lidahnya oleh berbagai
varian rasa yang dimiliki wafer Tango. Tango adalah salah satu produk unggulan
yang sudah terkenal dari dulu. Permen danwafer Tango diciptakan untuk keluarga
Indonesia. Artinya target konsumen Tangoadalah famili, dari anak-anak hingga
orang tuanya.
Tango adalah
salah satu produk unggulan yang sudah terkenal dari dulu. Permen dan wafer
Tango diciptakan untuk keluarga Indonesia. Artinya target konsumen Tango adalah
famili, dari anak-anak hingga orang tuanya.
6. Positioning Produk
• Wafer
Tango memposisikan diri sebagai market leader wafer di Indonesia. Dengan
tagline “Garing, Lembut, dan Renyah di Dalam” membuat konsumen merasa dekat dengan
wafer tango. Dengan banyaknya varian rasa yang beredar wafer tango menjadi kekuatan
pasar untuk menandingi produk – produk
makanan ringan di Indonesia
•
Kunci sukses GOT dalam menghadapi
persaingan adalah:
-
Inovatif dengan menghasilkan
produk-produk unik.
-
Sejak awal mereka percaya dengan
kekuatan merek dan mengalokasikan dana untuk memperkuat merek.
-
Fokus pada bisnis consumer goods
dan kebutuhan sehari-hari.
-
Memiliki perusahaan distribusi
sendiri yang menjangkau hingga pelosok desa.
-
Visioner, mampu mengantisipasi
kebutuhan konsumen, strategi pesaing, dan perubahan pasar.
7. Prospek Bisnis dan
Strategi – Strategi Bisnis
•
Melihat perkembangan wafer Tango
dari tahun ke tahun, tampaknya wafer Tango mempunyai prospek bisnis yang cerah.
Memulai debut pertama pada tahun 1993, wafer Tango tetap menjadi idola
masyarakat. Anda mungkin tidak menemukan produk wafer sejenis yang menawarkan
rasa renyah di setiap gigitannya.
•
Dengan rasa yang enak dan manis
yang terasa di setiap lapisannya. Harga yang murah, kemasannya juga simpel dan
menarik serta dijamin halal membuat para konsumenya susah untuk berpaling ke
produk lain yang sejenis.
•
Dengan pangsa pasar wafer Tanggo
kini yang sekitar 40%, kini Tango diproduksi dalam kapasitas penuh, 1.500
ton/bulan. Dan selalu habis. Dengan produksi yang maksimal, perusahaan
mendapatkan keuntungan yang maksimal pula. Omset tahunan Group Orang Tua dapat
mencapai Rp 6 triliun.
•
Dengan semakin banyaknya produk
yang serupa serta ketatnya persaingan tidak membuat Tango kehilangan akal.
Tango semakin giat membuat inovasi pada produknya. Dan terbukti sampai sekarang
Tango tetap merajai pasar wafer Indonesia.
·
Strategi Bisnis
Strategi
Mempertahankan Pelanggan Sangat sulit bagi suatu produk untuk bertahan dalam
siklus hidup lama. Banyak produkyang mampu mengalami lonjakan pertumbuhan pada
tahap awal, tapi rata-rata tak bertahan lama. Mereka kesulitan, atau lengah,
mempertahankan posisi pasar yangtelah diraih. Dalam hal ini , khususnya Tango
telah membuktikan kemampuannya untuk bertahan dipasar Indonesia. Berawal dari
sebuah upaya untuk terus melayani kebutuhan konsumen dengan anekaragam produk
dan layanan bermutu, mendirikan sebuah Research and Development Center yang
sekarang menjadi Research and Innovation Center (R & I Center). Dilengkapi
dengan berbagai sarana dan prasarana modern serta sumber daya yang ahli di
bidangnya masing-masing, R & I melakukan riset secara berkesinambungan
Untuk
mengembangkan produk-produk yang memiliki nilai tambah dan mempunyai "unique
winning product", yang mampu memenuhi kebutuhan dan selera konsumen sesuai
dengan tuntutan perkembangan zaman Selain itu, strategi lain yang dilakukan
Tango untuk mempertahankan ataupun menarik pelanggan baru adalah:
1.
Melakukan komunikasi pemasaran
above the line (ATL) atau yang biasa disebut iklansecara genjar di media cetak
maupun elektronik.
2.
Membuat promo/undian, “Tango Bagi
Bonus Milyaran” untuk menarik minat pembeli.3.Melakukan inovasi dan kreasi baik
pada permen maupun wafernya. Misalnya padarasa dan desain produknya. Komitmen
akan inovasi dan kualitas untuk memuaskan konsumen setianya, telah terbukti
dengan penghargaan - penghargaan yang selama ini telah peroleh. Wafer Tango
kembali meraih penghargaan ICSA 2008 dan sekaligus masuk ke dalamdaftar “Best
of the Best ICSA” dan mendapat predikat “Golden Brand” sebagai merekyang
berhasil meraih penghargaan ICSA 7 kali berturut-turut sejak tahun 2002. Hal
ini membuktikan kepercayaan dan kesetiaan konsumen bahwa wafer Tango adalah
yang terbaik.Selain itu, juga selalu mengutamakan keamanan dan ketenangan hati
konsumen. Oleh karena itu dalam proses produksi, selalu memegang standar mutu
yang telah ditetapkan oleh BPOM, serta sesuai dengan standar GMP (Good
Manufacturing Practices) dan CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik).
Atas komitmen tersebut, telah meraih sertifikat ISO 22000 untuk Food Safety
Management serta ISO9001 untuk produk Personal Care
·
Strategi Menghadapi Persaingan
Permen,
walaupun rasanya manis, sebenarnya sangat pahit bergulat di dalamnya.Selain
harus menghadapi cara pembelian konsumen yang impulse, membeli kalauingat dan
kebetulan melihat barang itu, juga loyalitas mereka amat rendah. Coba saja melakukan
jajak pendapat terhadap konsumen permen di Indonesia. Pasti tak sampai10%
konsumen yang tahu atau ingat merek permen-permen yang bertebaran saat ini. Yang
diingat, tak jauh dari merek-merek lama, seperti Relaxa, Kopiko, Kino,
Sugus,Tango dan Mentos. Ingat belum tentu beli. Konsumen permen bukan tipe
konsumen fanatik yang harus memburu produk impiannya sampai ke ujung langit.
Sehingga, meskipun konsumen ingat nama-nama merek permen, kalau barangnya tidak
di depan mata dan tidak menarik baginya, ya tidak akan dibeli. Senasib dengan
permen, ada produk makanan kecil seperti cokelat, wafer biskuit, dan royal
jelly, yang memiliki pembeli tidak loyal. Akibatnya, nama-nama produk
seperti ini biasanya gampang meroket, tapi juga gampang hilang dari peredaran.
Menurut hardianto atmaja, pakar pemasaran dan distribusi, deretan produk
seperti itu bisa dibilang termasuk impulse buying. Artinya,pembelian biasanya
tidak direncanakan, saat menginginkannya, langsung beli on thespot. Saat itu
juga.Selain itu globalisasi dan lingkungan yang semakin kompetitif menuntut
perusahaan-perusahaan untuk tidak hanya meningkatkan produktivitasnya saja,
tapi juga mampu menghasilkan produk dan layanan bermutu yang beraneka ragam
sesuai denganselera konsumen. Selain itu juga menawarkan kemudahan, kenyamanan,
dan ketepatan waktu kepada para konsumen. Untuk memfasilitasi kebutuhan ini,
mendirikan departemen R&D (Research &Development) pada tahun 1985.
Awalnya hanya berfungsi sebagai PDQC (ProductDevelopment Quality Control) untuk
mengembangkan produk-produk minuman tradisional. Di departemen ini standarisasi
bahan baku, proses, dan produk jadi serta efisiensi proses produksi pun mulai
dilakukan dengan sarana minim dan fasilitas sederhana. Pada tahun 1986 -1989
R&D berkembang cukup pesat dengan penambahan personil, sarana kerja,
ruangan panel, ruangan mikrobiologi dan ruangan instrumen. Pada tahun 1993,
fungsi PDQC berubah menjadi Research Centre. Sejalan dengan bertambahnya
kategori produk, R&D pun berkembang dari 2 divisi (consumer dan
beverages) menjadi 5 divisi (beverages, candy, wafer, personal care, dan laboratorium
central). Pada mulanya fungsi R&D adalah mempelajari, membuat, dan mengembangkan
produk-produk yang potensial untuk meningkatkan omzet perusahaan. Sejalan
dengan berkembangnya perusahaan, keyakinan manajemen semakin mantap untuk
membentuk R&D yang bermutu sebagai salah satu upaya menghadapi persaingan
bisnis. Wujud keyakinan dan komitmen ini adalah sentralisasi R&D dalam satu
lokasi pada tahun 1994. Selanjutnya, secara bertahap sarana penelitian dan
pengembangan produk dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan yang sesuai
dengan kebutuhan operasional. Seperti laboratorium aplikasi, pilot plant, ruangan
untuk tes kestabilan produk, ruangan instrumen, ruangan panel, dan ruangan mikrobiologi.
Adapun tujuan sentralisasi ini adalah agar interaksi antar divisi yang ada semakin
baik, penyediaan prasarana dan peralatan menjadi lebih berdaya guna, serta sistem
monitoring dan koordinasi menjadi lebih terpadu sehingga diharapkan kinerja R&D
menjadi lebih efektif, efisien, dan optimal. Perkembangan teknologi yang sangat
pesat, persaingan ketat dan tuntutan konsumen yang semakin tinggi mengharuskan perusahaan
melakukan evaluasi lebih ketat dan kontinu terhadap proses dan mutu produk-produk
yang dihasilkan, meningkatkan jaminan mutu (Quality Assurance), dan menghasilkan
produk-produk inovatif. Untuk itu, pada tahun 2000 Research & Development
diubah menjadi Research & Innovation (R&I). Tujuannya agar
sumber daya R&I menjadi lebih kreatif dan inovatif serta dapat
mengembangkan produk yang mampu memenuhi keinginan konsumen, memiliki nilai
tambah, serta mempunyai 'Unique Winning Point' dibandingkan produk
sejenis.Kunci sukses GOT dalam menghadapi persaingan adalah:· Inovatif dengan
menghasilkan produk-produk unik.
Sejak
awal mereka percaya dengan kekuatan merek dan mengalokasikan dana untuk
memperkuat merek.· Fokus pada bisnis consumer goods dan kebutuhan sehari-hari.·
Memiliki perusahaan distribusi sendiri yang menjangkau hingga pelosok desa.·
Visioner, mampu mengantisipasi kebutuhan konsumen, strategi pesaing,
danperubahan pasar. Dengan semakin banyaknya produk yang serupa serta ketatnya
persaingan tidak membuat Tango kehilangan akal. Tango semakin giat membuat
inovasi pada produknya. Dan terbukti sampai sekarang Tango tetap merajai pasar
wafer Indonesia.
·
Strategi Menghadapi Kejahatan dan Keamanan
•
Dengan semakin maraknya kejahatan
yang terjadi, misalnya penipuan berkedok hadiah atau promo “Tango Bagi Bonus
Milyaran” yang mengatasnamakan Group Orang Tua atau Tango, berikut adalah cara
yang dilakukan untuk menghindari penipuan tersebut :
Ketahui Untuk Promo Tango Bagi Bonus Milyaran (BBM) yang
asli memiliki ciri- ciri sebagai berikut :
1.
Gambar
Hologram yang ditempel permanen di bagian alumunium foil di bagian dalam
kemasan Tango, bukan semata diselipkan dalam kemasan.
- Pada hologram tersebut hanya tertera tulisan Selamat, Anda memenangkan 1 (satu) unit ... (tergantung pada jenis hadiah).
- Nomor telepon yang tercantum pada hologram untuk konfirmasi kebenaran hadiah adalah 021- 717 90 989 atau untuk konfirmasi nomor telepon lain adalah nomor yang tertera pada setiap kemasan “Bebas Pulsa 0800-10-77777”. Kami tidak memiliki nomor lain selain kedua nomor tersebut diatas.
8.
PELUANG
Berikut analisis SWOT dari produk
“WAFER TANGO”
Analisis
SWOT meliputi pengaruh faktor internal dan eksternal bagi perusahaan. Faktor
internal terdiri dari Strength dan
Weakness, sedangkan faktor eksternal terdiri dari Opportunities dan Threath. Berikut ini adalah analisis SWOT dalam produksi
“WAFER TANGO”:
Strength
Produk
“WAFER TANGO” kami pasarkan di semua tempat perbelanjaan, seperti toko
kelontong, swalayan, minimarket, atau hypermart di sekitar pemukiman
masyarakat.
Produk
ini kami jual dengan harga yang cukup murah dan terjangkau oleh masyarakat. Hal
ini menjadikan produk “WAFER TANGO” dapat bersaing dengan produk lain yang
sejenis.
Walaupun
murah, kami tetap mengutamakan penggunaan bahan-bahan yang sehat, bermutu dan
aman untuk dikonsumsi. Selain itu, varian rasa yang nikmat menjadi keunggulan
dan ciri khas dari produk kami.
“WAFER TANGO” sudah cukup dikenal oleh
masyarakat karena produk kami menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam
berbagai suasana.
“WAFER
TANGO” memberikan berbagai ukuran kemasan, dari yang berukuran kecil yang muat
dalam saku hingga dengan kemasan kaleng yang cocok untuk jamuan tamu di rumah.
Kemasan di design menarik dan tidak mudah rusak.
Weakness
Wafer
yang bearada dalam kemasan paling kecil berukuran mini, sehingga terkesan harga
yang sedikit tinggi dari produk lain. Ini memungkinkan konsumen beralih ke
produk lain.
Opportunities
Produk
kami merupakan salah satu alternatif yang tepat untuk dijadikan pemenuh
kebutuhan masyarakat. Selain itu “WAFER TANGO” sangat pantas untuk dijadikan
camilan atau untuk jamuan tamu.
Sampai
saat ini peluang produk makanan masih cukup besar karena makanan masih menjadi
kebutuhan primer masyarakat. Oleh karena itu, peluang kami dalam mempromosikan
produk “WAFER TANGO” masih cukup besar.
Produksi
“WAFER TANGO” akan terus berlanjut karena selain permintaan pasar yang masih
tinggi, bahan baku produk kami ini sangat mudah didapatkan.
Perusahaan
kami, PT GRUP ORANG TUA merupakan produsen makanan yang
cukup ternama, sehingga kami mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Hal ini
sangat menguntungkan, karena akan memudahkan langkah kami untuk memasarkan
produk “WAFER TANGO”.
Threath
“WAFER TANGO” bukan satu-satunya produk makanan yang
memiliki varian rasa. Banyak produk serupa dengan merk cukup terkenal yang
beredar di pasaran. Oleh karena itu, produk kami harus dapat bersaing dengan
cukup ekstra di pasaran agar dapat merebut pangsa pasar.
“WAFER
TANGO” sebagai salah satu produk ternama, menjadikan modus bagi para pelaku
penipuan, menjanjikan hadiah uang tunai mengatas namakan PT
GRUP ORANG TUA.
-
Pemasangan
iklan dalam media billboard
Selama 1 tahun Rp.
50.000.000,00
-
Pemasangan
iklan dalam media elektronik – radio
1 hari 3 kali tayang 250.000
Selama 6 bulan:
1 bulan = Rp. 250.000,00 x 30
=
Rp. 7.500.000,00
6 bulan = Rp. 7.500.000,00 x 6
=
Rp. 45.000.000,00
-
Pemasangan
iklan dalam media elektronik – televisi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar