Senin, 14 Oktober 2013

Proposal Kapita Selekta Kewirausahaan



PROPOSAL USAHA MAHASISWA
“UNICAMP (UNITED CAMPUS) CAFE”

Mata Kuliah :
Kapita Selekta Kewirausahaan
Dosen Pembimbing:
Bambang Semedhi, SE

Anggota Kelompok:
1.        Amelia Yuhana Prativi            115120207113033
2.        Candra Novitasari                   115120207113036
3.        Rosalia Puspitasari                  115120207113040
4.        Moch. Adi Surahman              115120207113018
5.        Rina Sabrina                            115120207113048
6.        Fuad Yusuf Djatikusuma        115120207113046










Jurusan Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Brawijaya
April 2013
A.   Latar Belakang
Beberapa tahun terakhir, Kediri semakin memperkuat diri sebagai kota pelajar dan pariwisata, selain sebagai kota bisnis dengan iklim investasi positif. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya sekolah dan universitas yang berdiri di Kota ini, baik negeri maupun swasta yang berskala nasional. Universitas Brawijaya merupakan satu contoh kampus yang paling baru berdiri di Kota ini semakin melengkapi jumlah universitas yang ada, karena sebelumnya telah ada Poltekes Kemenkes Malang, UNP Kediri, UNIK, UNISKA, UPD, dan sekolah tinggi kesehatan lain (Coliq, 2010).
Semakin banyaknya Universitas yang ada di Kediri, tentu semakin banyak pola mahasiswanya. Dengan semakin banyaknya mahasiswa, tentu mereka membutuhkan sebuah tempat atau wadah khusus untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan sesama. Selama ini, telah dikenal sejumlah cafe dan restoran untuk tempat “nongkrong” bagi kalangan mahasiswa. Masing – masing dari cafe atau restoran tersebut mempunyai keunikan tersendiri, seperti yang bermodel “lesehan” sehingga terkesan lebih merakyat hingga yang mewah dan terkesan high class.
UniCamp (United Campus) Cafe merupakan ide kreatif penulis untuk sesama kalangan mahasiswa. UniCamp Cafe adalah sejenis “cafe pintar” yang di-design khusus bagi mahasiswa untuk tempat sosialisasi mereka. Perbedaan umum antara UniCamp Cafe dengan cafe pintar lain yang telah ada yaitu dikelola dan dimanfaatkan langsung oleh mahasiswa dengan macam kegiatan dan menu yang variatif, namun tetap terjangkau. Di UniCamp Cafe, mahasiswa dapat saling berkenalan, diskusi ataupun sharing.

B.   Tujuan
Anggota         
·           Belajar menjadi entrepreneur, serta mengembangkan  kemampuan dalam bidang usaha.
·           Menambah pengalaman
·           Penambah penghasilan sebagai mahasiswa
Mahasiswa
·           Sebagai tempat bersosialisasi dan bertukar pikiran antar mahasiswa.
·           Sebagai salah satu pilihan sarana  edutainment dimana pengunjung bisa mendapat hiburan serta pengetahuan.

C.   Aspek Manajemen
UniCamp (United Campus) Cafe merupakan sebuah usaha yang akan dikelola oleh enam orang mahasiwa Fisip UB kampus IV  bekerjasama dengan mahasiswa dari fakultas lain. Sistem kerja yang dilakukan adalah dengan bekerja bergantian disesuaikan jadwal kuliah masing – masing. Dengan menerapkan standar kerja  (Higienis, ekonomis, praktis, nyaman, lezat) agar UniCamp dapat berlanjut dan berkembang dengan efektif.

D.   Aspek Pemasaran
1.    Pangsa Pasar
Perencanaan usaha yang kami kelola mengunggulkan  Education dan Entertaiment dengan persentasi 60%, lalu dengan menyediakan bermacam kuliner dengan persentasi sebesar 40%.

2.    Target Pasar
Target pasar Unicamp tidak hanya mahasiswa yang ada di Universitas Brawijaya dan Universitas Pawiyatan Daha, melainkan juga pengunjung luar dari dua universitas tersebut.

3.    IMC (4P)
a.         Price                       : Harga terjangkau mahasiswa
b.        Place                       : Jl. Soekarno Hatta no 49 Kediri                                                         Universitas Brawijaya Kampus IV
c.         Promotion              : Radio, media cetak, word of mouth, sponsorship, voucher, buzzer internet.
d.        Product                   :

§   Minuman
Aneka Kopi                      Rp 5.000,-  s/d Rp 8.000,-
Teh                                   Rp 3.000,-
Aneka Juice                      Rp 5.000,- s/d Rp 10.000,-
Milk shake                        Rp 8.000,-
Aneka Ice cream              Rp 10.000,- s/d Rp 15.000,-
Soda                                 Rp 3.500,- s/d Rp 10.000,-

§   Makanan
Nasi Goreng Kaplok!       Rp 10.000,-
Mie Gimbal                      Rp 6.000,- s/d Rp 10.000,-
French Fries                     Rp 5.000,-
Bread Toast                      Rp 5.000,- s/d Rp 7.000,-
Sandwich                          Rp 7.000,- s/d Rp 10.000,-                                                    
§   Buku Bacaan
Baca di tempat                 Rp (free)
Beli                                   Rp (sesuai harga buku)

E.   Aspek Operasional
Buka
¤  Hari Senin s/d Sabtu pukul 07.00 s/d 22.00 WIB.
¤  Hari Minggu (Weekend) sesuai situasi dan kondisi.
¤  Shift  Kerja 07.00-14.00 , 14.00-22.00. masing-masing shift 3 orang.
¤  Koki : Candra dan Amelia
¤  Pelayan : Adi, Fuad, Rina, dan Rosa.

F.    Kiat Pengelolaan Usaha

Visi
Sebagai sarana edutainment dan pengembangan entrepeneur mahasiwa di Kediri.

Misi
a.       Merekatkan hubungan antara mahasiswa di Kediri
b.      Memberi tempat berkumpul dan berdikasi antara mahasiswa se-kediri
c.       Menyediakan tempat makan dan edukasi
d.      Menjadi wadah untuk kreasi antara mahasiswa


Analisis SWOT
       Strenght            : Cafe dengan konsep baru dan berbeda. Harga terjangkau mahasiswa
       Weakness        : Lokasi dan dekorasi belum maksimal kenyamanannya
       Opportunity      : Prospek mahasiswa di Kediri semakin banyak. Mahasiswa senang berkumpul
       Threat              : Cafe atau coffee shop yang lebih bagus dan nyaman

G.  Aspek Keuangan
¨  Proyek 5  bulan
¤  Brand awareness
¤  Per Hari Target Pendapatan Rp. 300.000,-
¤  Laba bulanan sebesar Rp. 6.000.000,-
¨  Modal awal
¤  Sewa tempat 3 bln                                          Rp   3.000.000,-
¤  Belanja bahan
n  Furniture dan dekorasi                        Rp   3.000.000,-
n  Peralatan makan dan dapur                 Rp      500.000,-
n  Buku                                                   Rp   1.000.000,-
n  Listrik + air+ wifi                                Rp      200.000,-
n  Media promosi                                    Rp      500.000,-
n  Bahan makan dan minum                   Rp   1.300.000,-
n  Lain – lain                                           Rp      200.000,-
+
Rp    9.700.000,-
¨  Perkiraan rugi / laba
¤  Per Hari Target Pendapatan Rp. 300.000,-
-          Makanan target perhari  perhari          60%     Rp                 180.000,00
Makanan sehari 18 – 20  porsi
-          Minuman target perhari                       30%     Rp                   90.000,00
Minuman 20 – 23 porsi
-          Buku target perhari                             10%     Rp                   30.000,00

Laba bulanan sebesar Rp. 6.000.000,-
Target Perbulan  Rp 300.000,00  x 30 hari = Rp 9.000.000,00
Biaya sewa perbulan                                       Rp       1.000.000,-
Bahan Makanan                                              Rp       1.300.000,-
Listrik                                                              Rp          200.000,-
Biaya Promosi 50%                                         Rp          250.000,-
lain – lain                                                         Rp          250.000,-
Total                                                                Rp       3.000.000,-
Laba Rp 9.000.000,-  -  Rp 3.000.000,-   =     Rp       6.000.000,- (Netto)

H.  Konsep UniCamp Cafe

“UniCamp Cafe” direncanakan menyewa sebuah ruang kelas Universitas Brawijaya Kampus IV yang beralamatkan di jalan Soekarno Hatta yang didesain sedemikian rupa hingga menjadi sebuah cafe “smart” yang bernuansa modern minimalis dan berjiwa muda sehingga cocok sebagai tempat “nongkrong” mahasiswa. Ruang cafe seluas 4,5m x 6m terdiri dari dua bagian, ruang utama dan teras. Ruang utama memuat sebuah ruang dapur lengkap dengan kitchen set (tempat pelayan/ karyawan dan koki), beberapa meja (bar table, meja bundar) dan kursi serta sofa, rak buku lengkap dengan buku- buku penunjang, perangkat multi media, dan beberapa pernak- pernik ruangan (vas bunga, lukisan) sebagai pemanis. Teras “UniCamp Cafe” didesain “lesehan” dengan beralaskan karpet dan dilengkapi sebuah meja berbentuk semi oval panjang dan berkaki pendek. Bagian teras ini diperuntukkan apabila pengunjung cafe sudah tidak dapat tertampung lagi di ruang utama atau pengunjung dalam jumlah kelompok yang cukup besar (antara 8 sampai 10 orang).
Halaman depan UniCamp Cafe di-disign dengan gaya santai karena berada di ruang terbuka dengan berfasilitaskan 2 meja payung bundar besar dan beberapa kursi yang mengelilinginya. Ini sangat cocok untuk pengunjung- pengunjung yang menyukai suasana udara bebas dan kurang suka batasan/ sekat- sekat ruang. Halaman samping UniCamp Cafe diperuntukkan sebagai parking area.



I.      Desain Unicamp










Desain UniCamp 3D
Gambar 1.1 Cafe tampak atas

Gambar 1.2 Cafe tampak depan
Gambar 1.3 Cafe tampak depan



Gambar 1.4 Cafe dalam tampak atas


Gambar 1.5 Cafe tampak keseluruhan



















DAFTAR PUSTAKA


Coliq. 2010. Universitas dan Perguruan Tinggi di Kediri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar