PROPOSAL
USAHA MAHASISWA
“UNICAMP
(UNITED CAMPUS) CAFE”
Mata Kuliah :
Kapita Selekta
Kewirausahaan
Dosen Pembimbing:
Bambang Semedhi, SE
Anggota Kelompok:
1.
Amelia Yuhana Prativi 115120207113033
2.
Candra Novitasari 115120207113036
3.
Rosalia Puspitasari 115120207113040
4.
Moch. Adi Surahman 115120207113018
5.
Rina Sabrina 115120207113048
6.
Fuad Yusuf Djatikusuma 115120207113046
Jurusan Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Brawijaya
April 2013
A.
Latar
Belakang
Beberapa tahun terakhir, Kediri semakin
memperkuat diri sebagai kota pelajar dan pariwisata, selain sebagai kota bisnis
dengan iklim investasi positif. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya
sekolah dan universitas yang berdiri di Kota ini, baik negeri maupun swasta
yang berskala nasional. Universitas Brawijaya merupakan satu contoh kampus yang
paling baru berdiri di Kota ini semakin melengkapi jumlah universitas yang ada,
karena sebelumnya telah ada Poltekes Kemenkes Malang, UNP Kediri, UNIK, UNISKA,
UPD, dan sekolah tinggi kesehatan lain (Coliq, 2010).
Semakin banyaknya Universitas yang ada
di Kediri, tentu semakin banyak pola mahasiswanya. Dengan semakin banyaknya
mahasiswa, tentu mereka membutuhkan sebuah tempat atau wadah khusus untuk
berkomunikasi dan bersosialisasi dengan sesama. Selama ini, telah dikenal
sejumlah cafe dan restoran untuk
tempat “nongkrong” bagi kalangan mahasiswa. Masing – masing dari cafe atau restoran tersebut mempunyai
keunikan tersendiri, seperti yang bermodel “lesehan” sehingga terkesan lebih
merakyat hingga yang mewah dan terkesan high
class.
UniCamp (United Campus) Cafe
merupakan ide kreatif penulis untuk sesama kalangan mahasiswa. UniCamp Cafe adalah
sejenis “cafe pintar” yang di-design khusus bagi mahasiswa untuk
tempat sosialisasi mereka. Perbedaan umum antara UniCamp Cafe dengan cafe
pintar lain yang telah ada yaitu dikelola dan dimanfaatkan langsung oleh
mahasiswa dengan macam kegiatan dan menu yang variatif, namun tetap terjangkau.
Di UniCamp Cafe, mahasiswa dapat saling berkenalan, diskusi ataupun sharing.
B.
Tujuan
Anggota
·
Belajar menjadi entrepreneur, serta mengembangkan kemampuan dalam bidang usaha.
·
Menambah pengalaman
·
Penambah penghasilan
sebagai mahasiswa
Mahasiswa
·
Sebagai tempat
bersosialisasi dan bertukar pikiran antar mahasiswa.
·
Sebagai salah satu
pilihan sarana edutainment dimana pengunjung bisa mendapat hiburan serta
pengetahuan.
C.
Aspek
Manajemen
UniCamp (United Campus) Cafe merupakan
sebuah usaha yang akan dikelola oleh enam orang mahasiwa Fisip UB kampus IV bekerjasama dengan mahasiswa dari fakultas
lain. Sistem kerja yang dilakukan adalah dengan bekerja bergantian disesuaikan
jadwal kuliah masing – masing. Dengan menerapkan standar kerja (Higienis, ekonomis, praktis, nyaman, lezat)
agar UniCamp dapat berlanjut dan berkembang dengan efektif.
D.
Aspek
Pemasaran
1. Pangsa
Pasar
Perencanaan
usaha yang kami kelola mengunggulkan Education dan Entertaiment dengan
persentasi 60%, lalu dengan menyediakan bermacam kuliner dengan persentasi
sebesar 40%.
2. Target
Pasar
Target
pasar Unicamp tidak hanya mahasiswa yang ada di Universitas Brawijaya dan
Universitas Pawiyatan Daha, melainkan juga pengunjung luar dari dua universitas
tersebut.
3. IMC
(4P)
a.
Price : Harga terjangkau
mahasiswa
b.
Place : Jl. Soekarno Hatta no
49 Kediri Universitas Brawijaya Kampus IV
c.
Promotion : Radio, media cetak, word of mouth, sponsorship, voucher, buzzer internet.
d.
Product :
§
Minuman
Aneka
Kopi Rp 5.000,- s/d Rp
8.000,-
Teh
Rp 3.000,-
Aneka
Juice Rp 5.000,- s/d Rp 10.000,-
Milk shake Rp
8.000,-
Aneka
Ice cream Rp 10.000,- s/d Rp
15.000,-
Soda Rp 3.500,- s/d Rp 10.000,-
§
Makanan
Nasi
Goreng Kaplok! Rp 10.000,-
Mie
Gimbal Rp 6.000,- s/d Rp 10.000,-
French Fries Rp
5.000,-
Bread Toast Rp 5.000,- s/d Rp 7.000,-
Sandwich Rp
7.000,- s/d Rp 10.000,-
§
Buku Bacaan
Baca
di tempat Rp (free)
Beli Rp (sesuai harga buku)
E.
Aspek
Operasional
Buka
¤ Hari
Senin s/d Sabtu pukul 07.00 s/d 22.00 WIB.
¤ Hari
Minggu (Weekend) sesuai situasi dan
kondisi.
¤ Shift Kerja 07.00-14.00 , 14.00-22.00.
masing-masing shift 3 orang.
¤ Koki
: Candra dan Amelia
¤ Pelayan
: Adi, Fuad, Rina, dan Rosa.
F.
Kiat
Pengelolaan Usaha
Visi
Sebagai
sarana edutainment dan pengembangan entrepeneur mahasiwa di Kediri.
Misi
a. Merekatkan
hubungan antara mahasiswa di Kediri
b. Memberi
tempat berkumpul dan berdikasi antara mahasiswa se-kediri
c. Menyediakan
tempat makan dan edukasi
d. Menjadi
wadah untuk kreasi antara mahasiswa
Analisis
SWOT
• Strenght
: Cafe dengan konsep baru dan berbeda. Harga
terjangkau mahasiswa
• Weakness : Lokasi dan dekorasi belum maksimal
kenyamanannya
• Opportunity
: Prospek mahasiswa di Kediri semakin banyak.
Mahasiswa senang berkumpul
• Threat
: Cafe atau coffee shop yang
lebih bagus dan nyaman
G. Aspek Keuangan
¨ Proyek
5 bulan
¤ Brand awareness
¤ Per
Hari Target Pendapatan Rp. 300.000,-
¤ Laba
bulanan sebesar Rp. 6.000.000,-
¨ Modal awal
¤ Sewa
tempat 3 bln Rp 3.000.000,-
¤ Belanja
bahan
n Furniture
dan dekorasi Rp 3.000.000,-
n Peralatan
makan dan dapur Rp 500.000,-
n Buku Rp
1.000.000,-
n Listrik
+ air+ wifi Rp 200.000,-
n Media
promosi Rp 500.000,-
n Bahan
makan dan minum Rp 1.300.000,-
n Lain
– lain Rp 200.000,-
+
Rp
9.700.000,-
¨ Perkiraan
rugi / laba
¤ Per
Hari Target Pendapatan Rp. 300.000,-
-
Makanan target
perhari perhari 60% Rp 180.000,00
Makanan sehari 18 –
20 porsi
-
Minuman target perhari 30% Rp 90.000,00
Minuman 20 – 23 porsi
-
Buku target perhari 10% Rp 30.000,00
Laba bulanan sebesar
Rp. 6.000.000,-
Target Perbulan Rp 300.000,00
x 30 hari = Rp 9.000.000,00
Biaya sewa perbulan Rp
1.000.000,-
Bahan Makanan Rp 1.300.000,-
Listrik Rp
200.000,-
Biaya Promosi 50% Rp 250.000,-
lain – lain Rp
250.000,-
Total Rp 3.000.000,-
Laba Rp 9.000.000,- - Rp 3.000.000,-
= Rp 6.000.000,- (Netto)
H. Konsep UniCamp Cafe
“UniCamp Cafe” direncanakan menyewa
sebuah ruang kelas Universitas Brawijaya Kampus IV yang beralamatkan di jalan
Soekarno Hatta yang didesain sedemikian rupa hingga menjadi sebuah cafe “smart” yang bernuansa modern
minimalis dan berjiwa muda sehingga cocok sebagai tempat “nongkrong” mahasiswa.
Ruang cafe seluas 4,5m x 6m terdiri
dari dua bagian, ruang utama dan teras. Ruang utama memuat sebuah ruang dapur
lengkap dengan kitchen set (tempat pelayan/ karyawan dan koki), beberapa meja
(bar table, meja bundar) dan kursi serta sofa, rak buku lengkap dengan buku-
buku penunjang, perangkat multi media, dan beberapa pernak- pernik ruangan (vas
bunga, lukisan) sebagai pemanis. Teras “UniCamp Cafe” didesain “lesehan” dengan
beralaskan karpet dan dilengkapi sebuah meja berbentuk semi oval panjang dan
berkaki pendek. Bagian teras ini diperuntukkan apabila pengunjung cafe sudah tidak dapat tertampung lagi
di ruang utama atau pengunjung dalam jumlah kelompok yang cukup besar (antara 8
sampai 10 orang).
Halaman
depan UniCamp Cafe di-disign dengan
gaya santai karena berada di ruang terbuka dengan berfasilitaskan 2 meja payung
bundar besar dan beberapa kursi yang mengelilinginya. Ini sangat cocok untuk
pengunjung- pengunjung yang menyukai suasana udara bebas dan kurang suka batasan/
sekat- sekat ruang. Halaman samping UniCamp Cafe diperuntukkan sebagai parking area.
I.
Desain
Unicamp
Desain UniCamp 3D
Gambar
1.1 Cafe tampak atas
Gambar
1.2 Cafe tampak depan
Gambar
1.3 Cafe tampak depan
Gambar
1.4 Cafe dalam tampak atas
Gambar 1.5 Cafe tampak keseluruhan
DAFTAR PUSTAKA
Coliq.
2010. Universitas dan Perguruan Tinggi di
Kediri.
www.wongkediri.net/kediri/perguruan-tinggi-di-kediri.htm
(diakses tanggal 16 April 2013)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar